jogja untuk berbagi ilmu

informasi | tips | trik

APA ITU ASAM URAT ?

Asam urat adalah salah satu penyakit tertua, karena sudah ada sejak 2000 tahun yang silam. Karena dahulu penderitanya kebanyakan para kaum bangsawan, maka penyakit ini disebut juga “penyakit para raja”. Yah, memang hanya kaum bangsawan yang mampu mengkonsumsi makanan dan minuman yang enak-enak. Namun saat ini, penyakit ini bisa melanda siapa saja dan dimana saja.

Penyakit ini laksana anak panah yang terlepas dari busurnya. Karena asam urat bisa menyerang persendian dengan cepat. Bayangkan saja, disaat anda bangun pagi tiba-tiba ibu jari kaki dan pergelangan kaki Anda terasa terbakar, sakit dan membengkak.

Bahkan selimut yang anda gunakan bisa saja terasa seperti batu yang sangat berat. Itulah akibat asam urat atau biasa disebut juga arthritis gout.

Normalnya, kata Dr. Handrawan Nadesul, kadar asam urat dalam tubuh kita antara 3-7 mg/dL. “Bila asam urat lebih dari tujuh, orang dikategorikan mengidap asam urat tinggi. Artinya, metabolisme purin dalam tubuhnya terganggu,” imbuhnya.

Dalam jurnal Neurology bahkan dinyatakan, kadar asam urat yang tinggi juga bisa meningkatkan risiko terkena stroke ringan yang dapat menyebabkan kemunduran mental pada lansia. Para peneliti dari Johns Hopkins University menemukan, pada orang usia di atas 60 tahun, dengan kadar asam urat tinggi, memperlihatkan kejadian stroke ringan daripada yang kadar asam uratnya lebih rendah.

Tim yang sama juga mendapati hubungan antara kadar asam urat yang meningkat dengan rendahnya kemampuan dalam tes memori dan kecepatan berpikir. “Kami menemukan kadar asam urat berkaitan dengan dua gangguan kognitif sedang itu, juga stroke ringan. Kami memang harus mempelajari lebih jauh bagaimana keterkaitan itu berlangsung,” kata ketua tim peneliti, Dr. David Schretlen.

Asam urat (uric acid), dalam The Merck Index, an Encyclopedia of Chemicals and Drugs, edisi ke-9, dinyatakan sebagai suatu senyawa alkaloida turunan purin (xanthine). Senyawa, yang ditemukan pertama kali oleh Scheele pada tahun 1776, ini merupakan produk akhir dari metabolisme nitrogen pada burung dan hewan melata. Ia bisa ditemukan pada hasil ekskresi kedua jenis hewan tersebut dan pada urin hewan pemakan daging.

Asam urat merupakan kristal putih, tidak berbau dan berasa, mengalami dekomposisi dengan pemanasan menjadi asam sianida (HCN), sangat sukar larut dalam air, larut dalam gliserin dan alkali.

Menurut Mathews (1991) dalam bukunya Biochemistry, asam urat dihasilkan oleh setiap makhluk hidup akibat proses metabolisme utama yaitu, suatu proses kimia dalam inti sel yang berfungsi menunjang kelangsungan hidup. Proses dimulai dari makanan berupa karbohidrat, protein, dan selulosa (serat) melalui suatu jalur proses kimia yaitu siklus KREBS yang akan menghasilkan tenaga (energi) dan bahan-bahan kimia yang dibutuhkan tubuh. Bila terjadi penyimpangan dalam proses ini, terutama terjadi pada orang berusia 40 tahun keatas atau manula, maka asam uarat akan menumpuk.

Asam urat sendiri disebabkan karena tingginya kadar asam urat di dalam darah. Akibatbya terjadi penumpukan kristal di daerah persendian sehingga menimbulkan rasa sakit. Selain itu, asam urat juga menyerang ibu jari kaki, dapat membentuk tofi atau endapan natrium urat dalam jaringan di bawah kulit. Bahkan juga bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Menurut medis, asam urat ini belum bisa disembuhkan secara total, kecuali dengan mengonsumsi obat-obatan. Pola makanan (diet) juga dapat dijadikan pilihan untuk mengatasi masalah asam urat yaitu mengkonsumsi makanan dengan kandungan nukleotida purin yang rendah. karena tidak ada obat-obatan yang dapat mengurangi kadar asam urat yang berlebihan dalam darah. Secara medik diusahakan untuk mengurangi rasa nyerinya dengan pemberian obat analgetika (penghilangkan rasa sakit atau nyeri) atau memberikan analgesika (obat gosok) untuk mengurangi sakit pada bagian yang nyeri. Kadang-kadang diberikan diuretik untuk memperbanyak keluarnya cairan dalam tubuh dengan harapan sebagian asam urat tersebut akan keluar bersama cairan tersebut. Tetapi cara terakhir tidak banyak membantu. Walaupun demikian, berdasarkan penelitian telah ditemukan senyawa-senyawa kimia yang dapat menekan terjadinya asam urat dalam tubuh.

Sumber : outea poci

About these ads

Juni 28, 2008 - Posted by | kesehatan | , ,

Belum ada komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: