jogja untuk berbagi ilmu

informasi | tips | trik

20 Trik Menjaga keamanan PC

Saya sudah menginstal antivirus, saya sudah rajin meng-update, dan saya juga rajin scan virus. Jika ada media penyimpanan eksternal yang masuk kompi saya, selalu saya scan. Tapi tetap saja kompi saya kemasukan virus L … !@^!#&!%#*@!#!^

Mungkin anda pernah mengalami hal yang serupa dengan saya. Yah…sungguh sangat menyebalkan. Tapi insyaALLAH sekarang saya tidak mengalami hal itu, karena saya punya trik jitu untuk mengatasinya. Anda ingin tahu, tentu saja bukan?

Beruntungnya anda, menemukan blog ini yang tidak pelit memberikan informasi untuk anda J. Coba anda lakukan trik-trik berikut :

1. Instal Anti Virus (AV) di kompi anda, Anti Virus ini bisa anda dapatkan dengan cara memberli atu dengan mengunduhnya (download) dari internet. Tapi hati-hati karena internet bisa sebagai perantara penyebaran virus 🙂.

2. Gunakan dua AV yang oke (recommended), Installah dua buah anti virus yang baik. Tapi ingat, ada AV yang tidak saling mendukung dan menyebabkan kompi anda menjadi “hang”. Bagaimana mensiasatinya? Pada saat anda menginstal AV yang ke dua, disable (non-aktifkan) AV yang pertama. Demikian juga pada saat menjalankanya (Scanning). Cobalah untuk bergantian dalam penggunaanya.

3. Rajin meng-update, hal ini penting karena pembuat virus yang sudah ada besar kemungkinan mengeluarkan versi-versi (varian) terbaru mereka. Oleh karena itu AV yang anda gunakan juga harus selalu di-update secara rutin.

4. Atur AV anda ke mode Auto Update, jika kompi anda terhubung dengan internet anda bisa langsung mengatur AV anda untuk melakukan update secara otomatis. Bisa harian, mingguan dan bulanan. Kalau menurut saya sih, cukup dengan update mingguan saja.

5. Jangan sembarangan tukar-menukar Flashdisk, karena fakta menyebutkan 90% penyebaran virus adalah melalui media penyimpanan portabel seperti flashdisk.

6. Jangan mengunduh sembarangan software dari internet, seperti saya katakan tadi bahwa internet adalah juga sasaran empuk para pembuat virus untuk menyebarkan virus-virus yang telah mereka buat.

7. Jangan sembarangan mengunjungi website, terutama yang underground. Atau website yang menyimpan cookies ke dalam hardisk anda seperti website yang memiliki transaksi online. Karena virus bisa masuk ke dalam file-file cookies tersebut.

8. Selalu update browser dan sistem email anda, vendor yang baik adalah vendor yang selalu memperbaiki bug-bug yang ada pada browser mereka dengan mengeluarkan patch. Salah satu browser yang terpercaya adalah Mozilla FireFox.

9. Atur browser dan sistem email anda ke save mode, untuk trik ini anda cukup menuju icon preference pada browser atau option pada email anda. Disitu akan anda temukan Security Level. Aturlah Scurity Level anda pada level Medium

10. Jangan sembarangan membukan email atau file attachment, karena para pembuat virus saat ini mencoba masuk melalui hal-hal yang tidak pernah kita kira. Bisa saja mereka masuk melalui email dengan subjek yang aneh atau melalui file gambar yang menarik atau lucu. Ada baiknya AV yang anda gunakan bisa digunakan untuk scan email dan attachment yang menyertainya.

11. Waspadai jaringan, karena virus bisa berpindah melalui file & printer sharing. Seperti virus trojan yang selalu menyebar melalui jaringan. Dan untuk menghentikanya harus memutuskan jaringan serta menghapus satu persatu dari setiap kompi yang telah terinfeksi.

12. Jika mungkin gunakan firewall, karena firewall bisa menjaga kompi dari para hacker. Karena para hacker bisa masuk ke sistem kompi anda yang memiliki “celah”.

13. Tampilkan seluruh ekstensi file, karena banyak virus-virus terbaru (apa lagi virus lokal) yang mampu menyamarkan diri dengan menciptakan icon seperti file-file bersih lainya. Ada virus ILOVEYOU.txt, ada brontok yang menyamarkan file doc dan lain sebagainya.

14. Update informasi mengenai virus, jangan sampai anda gaptek mengenai varian virus terbaru. Cari informasinya melalui majalah, tabloit atau internet.

15. Miliki buku-buku bermutu seputar virus, karena jika anda mengetahui cara kerja virus maka sedikit banyak anda akan tahu bagaimana cara mengantisipasi serangan virus ke kompi anda. Jika buku-buku tersebut mahal, anda bisa mencari artike-artikel melalui internet tentang cara kerja virus.

16. Bergabung dengan milist antihacker, karena dengan bergabung dengan milist seperti ini maka anda akan mendapatkan update informasi tanpa anda yang harus mencari (ini sih cara malasnya saja🙂 ).

17. Backup data, rajin-rajinlah backup data anda secara rutin. Kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi. Layaknya penjahat mengelabui polisi, seperti itulah kerja para hacker menciptakan virus. Selalu virus muncul terlebih dahulu baru disusul dengan antivirus.

18. Milikilah diskboot, karena jika kompi anda terinfeksi virus yang menyerang boot sector otomatis anda akan membutuhkan diskboot.

19. Tuntaskan semua masalah setelah serangan, jangan pernah tangung-tangung dalam memberantas virus. Karena seperti halnya kanker menyerang manusia. Selagi masih ada akarnya yang tertinggal, maka ada kemungkinan virus itu terjangkit kembali.

20. Selesai.

Itulah trik-trik yang dapat saya berikan untuk anda semua. Mungkin masih banyak trik lain yang belum tercakup dalam tulisan saya ini. Tugas anda untuk mencari tahu lebih banyak lagi.

Semoga bermanfaat buat kita semua

oleh : dra

Mei 19, 2008 - Posted by | ilmu pengetahuan, komputer | , , ,

2 Komentar »

  1. terima kasihanda telah memberikan tips menjaga keamanan pc…..!!! saya mau bertanya bagai mana cara mendownlod progam microsf word??? ohya q pendatang baru salam kenal sam yang lain…..

    Komentar oleh HASANUDDIN | Desember 6, 2008 | Balas

  2. @ hasanuddin

    Sama-sama mas hasanuddin. Namanya juga saling berbagi.
    Microsoft Word tidak ada versi downloadnya. Ms Word itu terintegrasi dalam Ms Office berbarengan dengan Ms Excel, Powerpoint dll.

    Yang ada adalah Ms Office Original atau Bajakan.

    Komentar oleh papa mahesa | Desember 9, 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: