jogja untuk berbagi ilmu

informasi | tips | trik

Yang baik buat penderita asam urat

Teh Hitam
Teh hitam atau OU Tea juga mengandung Flavonoid yang berfungsi sebagai senyawa alamiah yang dapat membentuk sifat antibiotik, antiradang dan antioksidan, serta mampu menghambat penggumpalan sel-sel platelet darah sehingga membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah. (John Folts, Direktur Sekolah Medis Universitas Wisconsin, AS). Hal ini telah dibuktikan oleh sebagian penderita asam urat. Setelah mengkonsumsi OU TEA, ada perubahan positif pada kadar asam urat dalam darah mereka.

Susu
Sebuah studi menyatakan, susu tidak terlarang buat pasien gout. Tidak seperti daging merah dan makanan laut yang sebaiknya disingkirkan. Susu dan produk olahannya justru bisa mencegah nyeri pada pasien gout. Demikian hasil penelitian yang dipublikasikan dalam the New England Journal of Medicine. “Produk susu bisa begitu kuat melindungi kondisi ini,” ujar Dr. Hyon Choi dari Massachusetts General Hospital, yang mengetuai penelitian tersebut.


Sayuran
Mereka juga menemukan berbagai sayuran yang semula dianggap menyumbang pada terjadinya gout seperti jamur, bayam, kembang kol, ternyata tidak terlalu muncul sebagai faktor pemicu. “Penelitian ini mengonfirmasikan bahwa makanan itu juga ternyata mengandung faktor pelindung,” tambahnya.

Meniran & Tempuyung
Meniran
merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sering digunakan oleh masyarakat untuk obat. Menurut Heyne (1987) tumbuhan ini di daerah Jawa disebut “meniran” lantaran bentuk buahnya seperti menir (butiran beras). Tumbuhan ini merupakan terna semusim, tumbuh liar di hutan, di ladang, semak-semak, sepanjang jalan, pinggir sungai, pinggir pantai, tanah berumput, gembur atau berbatuan pada dataran rendah sampai pada ketinggian 1.000 dpl.
Pemanfaatan tumpuyung untuk pengobatan kelebihan asam urat asam dan batu ginjal memerlukan daun tempuyung (6,25 gr), akar tempuyung (6,25 gr), jahe merah (25,00 gr), cengkeh (0,25 gr), kulit manis (0,25 gr), pengawet Na.Benzoat (0,50 gr), dan gula merah secukupnya. Cara pembuatannya, daun dan akar tempuyung segar dibersihkan dari tanah atau kotoran. Kedua bahan tsb. direbus dengan air 500 ml bersama bahan-bahan lainnya, biarkan mendidih sampai volume menjadi 250 ml. Setelah dingin baru ditambahkan pengawet Na.Benzoat, lalu disaring dengan saringan teh atau kain kassa kedalam botol. Apabila disimpan dalam lemari pendingin, obat alami ini bisa tahan selama 6 bulan.

Sumber : outea poci

Agustus 9, 2008 - Posted by | kesehatan | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: